[Sharing] Serba-Serbi Seleksi LPDP

8:43:00 AM


Halo teman-teman semua, as you maybe know (or don't know yet) alhamdulillah, I'm one of the luckiest girl who got scholarship from LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) oleh Kementerian Keuangan Indonesia.

Seperti yang sudah saya janjikan di posting saya sebelumnya (23//24), saya akan menceritakan sedikit pengalaman seleksi saya. Melalui posting blog ini, saya tidak akan menjelaskan apa itu LPDP, bagaimana, kapan, dan sebagainya ya, karena kalian bisa cek melalui website LPDP di http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/ . Semua sudah lengkap, bisa diunduh dan digali sendiri melalui websitenya.

But then, saya akan berbagi pengalaman dan cerita seputar pendaftaran dan tes substansi LPDP, terutama periode saya, yaitu Batch 1 Tahun 2016 (Januari - Maret) khususnya untuk beasiswa Magister Luar Negeri. Kira-kira persyaratan hampir mirip untuk dalam dan luar negeri, jadi siapapun boleh membaca. Semoga bisa bermanfaat buat kalian yang akan menjalani tes substansi, sedang menunggu, maupun yang baru akan merencakan.

Here we go!
I'll make it graphic diagrams / doodles, so that (I hope) it's easier for you to catch the points! :)


Alur Seleksi LPDP
LPDP memiliki alur seleksi seperti diagram di atas, relatif sederhana untuk dipahami. Kalian harus berhasil lulus seleksi administratif terlebih dahulu untuk dapat mengikuti seleksi substansi yang terdiri dari tiga sesi. Berikut akan saya bahas sesuai pengalaman saya satu persatu, untuk persyaratan lengkapnya, lihat di website LPDP sendiri, ya! :)

Seleksi Administratif:
This is the most important first step afterall!

Seleksi administratif adalah bagian yang susah-susah gampang. Secara keseluruhan, semua persyaratannya mudah didapat, hanya untuk beberapa poin, membutuhkan waktu dan perhatian khusus. Beberapa dokumen harus dipersiapkan jauh-jauh hari, beberapa dokumen bisa dibuat dengan cepat, dan sebagainya. Beberapa hal yang perlu dijadikan catatan adalah:



1. Make a list
Ini super penting. Buat saya yang sedikit clumsy, penting untuk membuat daftar hal-hal yang harus dipersiapkan untuk aplikasi LPDP. Unduh berkas persyaratan LPDP, login, pantau keadaan akun aplikasi, catat hal-hal apa yang diperlukan, terutama DEADLINE. Notes: Ada baiknya submit 3 hari sebelum deadline untuk menghindari error server saat submit di hari H.

2. Create specific folder
Penting kedua: buat folder khusus untuk LPDP. Khusus untuk file PDF nya dan file JPEG nya. Beri angka pada file nya untuk mempermudah angka berapa yang belum dilengkapi. Folder khusus ini juga mempermudah saat kalian apply untuk universitas (jika belum).

3. Surat Sehat dan Bebas Narkoba
Untuk berkas Surat Sehat dan Bebas Narkoba + Bebas TB untuk aplikasi Luar Negeri, pastikan kalian membuat surat di Rumah Sakit Pemerintah. Oh ya, ada baiknya kalian meluangkan waktu satu hari dari pagi untuk membereskan ini semua. Atau bisa juga dicicil sebelum ke kantor dari jam 8 - 10. Kebetulan tes TB memerlukan waktu 3 - 5 hari, jadi pastikan jadwal kalian tidak terlalu mepet ya!

4. Surat Rekomendasi
Surat rekomendasi ini termasuk yang terpenting guys, karena ini kita cukup bergantung dengan orang lain, yaitu tergantung dengan mood, dan waktu luang dari orang yang kita mintakan surat rekomendasi. Waktu itu saya minta rekomendasi 1 dari dosen saya di kampus (kepala jurusan) dan senior/atasan saya selama bekerja di kantor. Bisa dibilang proses surat rekomendasi ini termasuk proses yang cukup lama, tergantung dari keberuntungan masing-masing. Alangkah lebih baik kalau disiapkan sejak awal.

5. Essays
Salah satu dokumen persyaratan LPDP adalah membuat Esai, yaitu esai tentang kontribusi untuk Indonesia dan pencapaian terbesar dalam hidup. Saat membuat esai ini, saya lebih banyak ke berpikir tentang apa yang sudah saya lakukan untuk Indonesia dan apa yang kira-kira merupakan pencapaian terbesar saya. Tidak harus dibuat-buat terlalu wow, namun juga tetap harus menggunakan keyword yang mampu menarik perhatian tim penyeleksi.

6. Rencana Studi
Last but not least, evenmore the most important thing is: Rencana Studi. Mau bersekolah di mana? Jurusan apa? Negara mana? Dan sebagainya dan sebagainya. Semua harus bisa terjawab pada Rencana Studi. Hal ini berlaku bagi yang sudah memiliki LoA atau belum. Tentukan jurusan yang kalian inginkan kemudian cari, universitas mana yang memiliki jurusan tersebut, fokus pada tujuan. Jika ingin lebih mudah, bisa menggunakan tabel daftar universitas yang sudah disediakan LPDP. Karena universitas-universitas tersebut yang sudah dianggap LPDP sesuai dengan persyaratan dan ranking tertentu.

Verifikasi Dokumen:
Oh ya, pastikan semua dokumen administrasi tadi sudah terupload dengan benar ya! Karena setelah kalian dinyatakan lolos seleksi administrasi, kalian harus membawa dokumen-dokumen asli tadi untuk di verifikasi oleh tim LPDP.

Tambahan satu dokumen lagi yang harus dibawa saat verifikasi adalah: SKCK yaitu Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari polres daerah setempat. Memerlukan waktu satu hari saja (kalau lancar dan tidak ada hambatan), tapi bisa dipersiapkan 2 - 3 hari sebelumnya untuk berjaga-jaga :)

Seleksi Substansi:
Selanjutnya, seleksi paling penting adalah seleksi substansi yang terdiri dari 3 jenis seleksi yang bisa sampai 2 hari. Waktu itu saya seleksi selama dua hari berturut secara terpisah. Saya sendiri merasa nyaman dengan hari yang terpisah karena berarti saya tidak harus menunggu terlalu lama dan bisa makan dengan tenang di rumah.

What to do // What to bring
What to Do, to Prepare, and to Bring:
1. Make a Checklist
Jangan sampai kartu peserta tertinggal, dokumen yang akan di verifikasi tertinggal, dan sebagainya.

2. Baca Koran dan Majalah
Baca koran! Penting. Kurangi membaca website yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Membaca kora dengan jangka waktu 3 bulan terakhir untuk update isu terkini Indonesia maupun internasional.

3. Cukup Tidur
Tidur cukup adalah kunci kesuksesan. Tidak perlu begadang. Tidur 8 jam saja agar besok lebih segar dan cerah menjalani tes substansi! :)

4. Be On Time!
THIS! No more or less. On time! Ketika diminta datang 2 jam lebih awal, just do it.

5. Sarapan + Air Minum + Jajan + Permen
Sarapan itu penting, karena selama menunggu giliran yang kadang cukup lama, supaya tidak kelaparan saat menunggu dan tes berlangsung. Bawa minum sendiri juga agar tidak kehausan. Jajan seperti coklat / soyjoy / fitbar juga penting untuk mengganjal lapar saat kelaparan mendadak.

6. Alat Tulis

7. Off Phone
Matikan paket data handphone. Saya sendiri tipe yang malas terganggu oleh chat random atau terdistraksi dengan 'masih belajar' saat hendak tes. Jadi saat menunggu tes saya bengong-bengong, nyemil, sambil ngobrol dengan teman sebelah. Atau bisa juga aktifkan paket data sambil instagram atau buka webtoon supaya tidak terdistraksi chat yang bisa membuat lebih tegang.

8. Touch Up
Buat teman-teman perempuan, karena kita akan menunggu dengan jangka waktu yang cukup lama, jangan lupa bawa peralatan touch up kalian, supaya tetap segar di depan interviewer. Cukup bedak tipis dan lipbalm / lipstick. Penting nggak penting sih tapi cukup mempengaruhi kepercayaan diri. Hehehe

Rangkaian Tes Substansi:
1. Tes Wawancara
Tes wawancara ini banyak dijadikan momok bagi para peserta. Hmm.. practically, saya sendiri juga waktu itu cukup deg-deg an sih. Tapi pada dasarnya, interviewer yang terdiri dari 3 orang (1 psikolog, 2 dosen) tidak akan menanyakan hal yang aneh-aneh di luar dari esai, CV, dan rencana studimu. Ya mungkin kadang akan ditanyakan sudah punya pacar atau belum dan semacamnya sih. Sepertinya kuncinya ada di kepercayaan diri dan how to impress them. Saat wawancara, saya juga cukup beruntung karena dosen yang mewawancara saya sedikit banyak memahami tentang maksud dan tujuan studi saya, juga mereka mewawancara tanpa menekan sama sekali.

2. LGD (Leaderless Group Discussion)
Leaderless Group Discussion ini adalah kelompok random yang nanti akan diberikan bacaan yang akan didiskusikan selama waktu yang telah ditentukan. Untuk LGD, karena banyak sesuai situasi dan kondisi teman satu kelompok juga, lebih baik kalian ungkapkan pendapat, santun, secukupnya, tanpa perlu terlalu mendominasi pembicaraan. Semua harus punya kesempatan untuk mengungkapkan pendapat nya, ya! Tema saya waktu itu saya cukup beruntung (lagi) karena tema nya seputar sustainable. Hohoho
3. Essay on the Spot
Bagian tes ini adalah bagian tes yang benar-benar tergantung pada diri sendiri, tidak ada faktor lain seperti interviewer atau teman sekelompok. Terlepas dari berapa besar porsi esai ini, tapi bisalah dimaksimalkan. Esai ini semacam penulisan IELTS Task 2 kira-kira. Banyak membaca koran selama tiga bulan terakhir, browsing isu-isu terkini akan bermanfaat untuk tes esai. Saya waktu tes kebetulan mendapatkan tema yang saya sudah cukup tertarik yaitu isu penggunaan kantung plastik yang mulai berbayar.

Last but not least, pakaian juga sebaiknya kalian perhatikan. Gunakan pakaian yang rapi dan semi-formal, tidak harus formal banget, tapi cukup aman jika berhadapan dengan interviewer dan tim penilai. Mungkin semacam mengenakan pakaian kalau mau tatap muka dengan dosen kali ya? Waktu wawancara, saya mengenakan atasan blus motif, celana bahan, dan jilbab dengan warna senada. Tidak se-formal mengenakan blazer atau semacamnya, yang penting nyaman, rapi, dan sopan.
Tips OOTD ala addinaf
make it simple yet comfortable

Akhirnya, setelah semua terlewati, kalian tinggal berdoa dan menunggu hasilnya. Whatever happens, happens for the good. Saya tidak tahu bagaimana sistem penilaian LPDP secara detail, tapi banyak hal yang menjadi faktor penilaian, dari interviewer, penilai saat LGD, pilihan tema yang tergantung keberuntungan, dan sebagainya.

Kira-kira seperti itu sharing pengalaman dari saya (yang sepertinya lebih banyak hal-hal non-substantif ya?). Semoga bermanfaat buat semuanya. Ohya, dalam jangka waktu satu tahun, LPDP mengadakan 4 kali batch seleksi. Info mengenai detail tata cara dan persyaratan cek di website LPDP ya.

Good luck guys! :)


PS: Bertahap akan saya buatkan juga posting untuk Persiapan Keberangkatan (PK) nya buat kalian yang sudah berhasil lolos, ya! *Finger crossed*

You Might Also Like

3 comments

addinaf

hersketch